Headlines News :
Home » » 20 Objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara

20 Objek wisata yang ada di Kabupaten Batubara

Written By abdul karim on Monday, 28 April 2014 | 03:24





20 Objek Wisata di Kabupaten Batu Bara -  Kali ini saya akan memaparkan apa yang berada di Brosur Pemerintah Batu bara tentang potensi wisata yang ada disana. Terus terang saya membuat tulisan ini bukan untuk copy paste mencari keuntungan pribadi, ini merupakan feedback saya yang merasa cukup kesulitan mencari informasi wisata kabupaten yang lebih real, kebetulan kemarin di PRSU saya minta brosur wisata , saya sempatkan untuk untuk menscaning brosur ini agar bisa dinikmati setiap orang dan mengetahui lebih lanjut potensi wisata yang ada di Kabupaten Batubara. 

Kabupaten batu bara terletak di Propinsi Sumatera Utara, Indonesia. DPR telah menyetujui rancangan undang-undang pembentukannya tanggal 8 Desember 2006 dan diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 15 Juni 2007. Bupati pertama saat itu bernama Drs. H. Sofyan Nasution , S.H . Kabupaten ini merupakan bagian dari pemekaran kabupaten Asahan dan memiliki ibu kota Lima Puluh. Kabupaten batu bara juga menjadi salah satu dari 16 kabupaten yang dimekarkan pada tahun 2006.

Para penduduk yang bermukim di kabupaten batubara umumnya beretnis jawa ( mendominasi sekitar 43 dari total penduduk) , kemudian diikuti oleh orang melayu dan batak . Mandailing merupakan subetnis batak yang paling banyak bermukim disini.

Minangkabau banyak ditemui disini , karena pada Abad 18 batubara telah menjadi pangkalan para pengusaha dan perantau minangkabau yang melakukan perdagangan di Selat Malaka. Umumnya para pedagang membawa hasil bumi dari plelalawan, siak dan jambi , batubara merupakan koloni dagang orang-orang minang di pesisir timur sumatera. Dari lima suku asli yang terdapat di batubara yakni lima laras, tanah datar, pesisir , lima puluh dan suku boga , dua diantaranya terindentifikasi sebagai nama lunak di Minangkabau yang diperkirakan tempat asal suku tersebut.

Sebagai wilayah yang memegang peran penting dari pesisir timur sumatera, batu bara juga memiliki daya tarik sebagai tempat wisata alam bahari , budaya dan sejarah. Dan kebetulan saya menemukan brosur unik ini dan langsung membagikannya ke kita semua. Berikut objek wisata yang bisa kita nikmati di Kabupaten Batubara :


A. WISATA  SEJARAH

1. Kubah Datuk Batu Bara


Terletak di Kuala Gunung , Lima Puluh Kota . Dianggap sebagai tempat asal-muasal nama Batu Bara . Lokasi ini dipercaya menjadi tempat bara dari batu yang membara pada malam hari dan sekaligus dijadikan nama daerah dan tanda ( kubah Datuk Batu bara) . Nilai wisata ditempat ini lebih condong ke wisata sejarah yang dikombinasikan dengan wisata religi .



2. Istana Niat Lima Laras

Terletak di Lima Laras , Tanjung Tiram . Bangunan ini merupakan istana atau tempat tinggal para penguasa kerajaan Batu Bara. Tempat ini dahulu menjadi kekuasaan politik , sosial dan Ekonomi. Dibangun oleh Datuk Muhammad Yuda, yang bertahta dari tahun 1883 hingga 1919 . Beliau merupakan raja ke 11 dari kerajaan Lima Laras ( batu bara) . Aktivitas istana ini berakhir sekitar tahun 1923 yang menjadi raja terakhir yaitu Datuk Muda Abdul Roni ( raja ke XIII Lima Laras) , padahal pemerintahannya waktu itu sempat melebar hingga tanah Jawa (Simalungun ) dan ke Pulau Bandreng (Asahan) .

Di sekitar komplek istana ini pula di makamkan Datuk Muhammad Yuda ( raja ke XII) , raja yang berkuasa sekitar tahun 1889 – 1919. Disini juga banyak makam –makam keluarga kerajaan dan keturunannya



3. Mariam Nanas Siam
Berada di Nanasiam , Madang Deras, terletak pada sebuah cungkup di tepi jalan, dulu di sini ada 9 buah meriam dan saat hanya terdiri dari 7 meriam. Dari bentuknya diperkirakan meriam ini berasal dari satu pabrik dan juga dari kapal. Ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan.



4. Meriam Bogak 


Meriam bogak terletak di Tanjung Tiram, memiliki sejarah yang unik dari masyarakat setempat. Dikisahkan dahulu terdamparlah sebuah perahu dagang eropa yang berisi pedagang cina. Salah satu muatan perahu dagang itu berisi meriam , mereka yang selamat , terhindar dan kematian akibat rusaknya perahu yang lakoni oleh serangan musuh. Sebagian yang selamat menyebar di Daerah Sekitar dengan membawa meriam ini. Adapun saat – saat tertentu mereka menyampaikan ucapan syukur dan memanjatkan doa keselamatan bagi kehidupannya. Para keluarga yang selamat juga percaya bahwa meriam itu telah berjasa besar dari kekerasan are pertempuran .


5. Kompleks Mesjid Padang Genting

Terletak di Padang Genting , Talawi. Menjadi salah satu peninggalan kedatukan tanah datar. Tanah datar sendiri merupakan salah satu dari 5 kedaulatan di Kabupaten Batubara. Kedatukan masa lalu saat ini dapat diketahui dari peninggalan bersejarah ini. Salah satu tokoh kedatukan tanah datar adalah wan syakroni bin abdul wahab beliau meninggal dan dimakamkan di bagian belakang mesjid pada tanggal 17 Juli 1962



6. Meriam Simpang Dolok

Terletak di Simpang Dolok , kecamatan Lima Puluh , dua buah meriam ini merupakan pemberian ( hadiah) dari sultan siak kepada wan bagus yang bergelar datuk ongku. Gelar ini merupakan pemberian atau penobatan kepada penguasa kerajaan Lima Puluh pada tahun1876.



7. Sumur Bor Simpang Dolok



Sumur ini sudah ada sejak zaman belanda, merupakan sumber air panas yang memenuhi kebutuhan air pada masa itu. Sumber air ini sekarang masih dimanfaat kan penduduk setempat untuk kegiatan mereka.



8. Situs Perkuburan Mesjid Lama

Terletak di Talawi, merupakan makam dari Datuk Abdul Jalil dan ayahnya Datuk Simuangsa 2 beserta keluarganya. Kompleks makam ini kemudian dijadikan kompleks makam warga setempat. Nisan dan Jirat dari makam tokoh keluarga datuk abdul jalil didatangkan dari Malaysia . Datuk abdul Jalil merupakan salah satu tokoh kedatukan Pesisir Batu Bara

9. Kantor Camat Lama

Ketika kecamatan lima puluh di bentuk , maka lokasi ini yang menajdi tempat bangunan operasional pertama. Berada di Jl. Sudirman , Simpang Dolok . Di belakang kantor ini terdapat bangunan rumah Datuk Lima Puluh ( Datuk Wan Alang)



10. Kompleks Makam Wan Alang

Merupakan makam datuk (wan ) alang yangjuga dikenal sebagai datuk Lima Puluh. Adapun kedatukan Lima Puluh pada awalna berlokasi di Prupuk kemudian pindah ke Sentang dan pada akhirnya berlokasi di Simpang Dolok.

11. Benteng Jepang 



Terletak di Perupuk , Lima Puluh . Benteng ini punya sejarah saat ketika pihak Jepang berhasil membangun bunker pertahanan disini, Jepang masuk ke Batubara melihat lokasinya yang strategis untuk memantau selat malaka. Digunakanlah pantai sejarah sebagai lokasi pendaratan dan membangun benteng disini .

12. Meriam Datuk Simuangsa 2

Terletak di Komplek Mesjid Lama, Talawi . Dan menjadi meriam milik Datuk Simuangsa 2 ketika memerintah di kedatukan Pesisir.

13. Istana Indrapura

Terletak di Tanah Merah , Air Putih . Istana ini dibangun oleh Tengku Busu ,, ketika menjaabat learling di Indra pura sekitar tahun 1920 . Beliau berasal dari sungai rakyat , Labuhan Batu. Istan yang di bangun oleh Mer Bun Engk Ko merupakan perusahaan yang berdomisili di Tebing Tinggi . Pembangunan Istana dan mesjid ini di konsensasikan pembukaan hutan unuk lahan perkebunan di Sibujur.

14. Mesjid Indra Pura 



Terletak di Tanah Merah , Air putih, dibangun oleh tengku busu ketika menjabat learing di Indrapura tahun 1920. Beliau merupakan raja terakhir di Indrapura.



B. WISATA ALAM

15. Pulau Salah Namo 

Cover Brosur

Terletak di Kecamatan tanjung tiram , dan dapat dicapai dnegna menggunakan angkutan laut berupa perahu motor dengan jarak tempuh lebih kurang 1 jam dari dermaga tanjung Tiram. Sekeliling pulau terdapat tebing- tebing curam , Landscap dari pulau bagian tengah dilengkapi dengan hutan hujan tropis . Dengan beberapa titik yang terdapat pasir putih.



16. Pulau Pandang 



Pulau pandang hanya berjarak 15 menit dari dermaga (menggunakan perahu motor) dari pulau salah namo. Pulau pandang lebih luas dan terdapat potensi terumbu karang dan ikan karang yang dapat dijadikan wahana memancing , Snorkling atau Diving.



17. Pantai Bunga



Pantai bunga merupakan deretan pantai yang ada dibatu bara. Sudah mulai dikelola dengan fasilitas standar yang ada disini.


18. Pantai Perjuangan / Pantai Jono.



Ini merupakan destinasi wisata bahari yang sangat di kenal wisatawan loka, terletak di Desa Lalang kecamatan Medang Deras terletak strategis dan dijangkau dengan mudah karena tidak terlalu jauh dari jalan Utam ( Acess Road) PT. Inalum

19. Pantai Wisata Alam Datuk Kota Sungai Pasir 




Terleteak di Desa Kuala Indah Kecamatan Sei Suka , perjalanan pantai dapat ditempuh melalui jalan susur pantai dari arah perupuk atau melalu jalan PT. Inalum.


20 . Pantai Sejarah
Merupakan pantai yang memiliki sejarah tentang kedatangan jepang melalui jalur ini . 



Demikian 20 Objek Wisata di Kabupaten Batu Bara semoga bermanfaat bagi kita semua.



Share this article :

2 comments:

  1. bagus banget ternyata objek wisata yang ada di kabupaten batubara, indah banget ya

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Gan,Gan Blh Share kan Artikelnya nempel di blog ku,,,,,he,,klo blh sih...link web agan aku link kan la di artikel agan yg akan ku buat di blog ku nanti

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Catatan Karim - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template